photo Kuliner Mie Koples Masakan Khas Klungkung.
Hotel service

Kuliner Mie Koples Masakan Khas Klungkung.

Referensi :
KBS Digital

Pernahkah Anda mencoba Mie Goreng atau Mie Ayam Indonesia? Tak ayal, kedua masakan berbahan dasar mie ini sudah tidak asing lagi di Indonesia. Namun, pernahkah Anda mendengar tentang Mie Koples? Memang terdengar aneh, tapi coba tebak, Mie Koples adalah makanan tradisional khas Bali. Merupakan makanan favorit sebagian besar masyarakat di Kabupaten Klungkung, Bali dan sudah terkenal dengan kelezatannya.

Asal usul nama Mie Koples berasal dari masakannya sendiri yang berbahan dasar bihun, atau orang Indonesia biasa menyebutnya dengan “mie bihun” kemudian “Koples” berasal dari bahan tradisional yang digunakan yaitu kacang-kacangan yaitu sambal koples.

Sambal Koples terbuat dari terasi yang dipanggang, atau biasa disebut "terasi" di Indonesia dan kacang tanah yang digoreng, kemudian terasi tersebut ditumbuk bersama dengan kacang tanah. Kemudian bumbu tersebut dicampur dengan sedikit minyak kelapa, jeruk nipis, dan sedikit air hingga bumbu yang diracik menjadi encer. Dilihat dari proses pembuatan dan bahan-bahan yang digunakan, rasanya luar biasa sudah bisa dibayangkan. Makanan ini sangat cocok dan lebih nikmat disantap dengan tambahan “kerupuk” atau kerupuk secara bersamaan.

Sajian khas Klungkung Mie Koples dapat dengan mudah kita jumpai di seluruh wilayah Kabupaten Klungkung. Harganya tentu sangat murah. Untuk satu porsinya, Mie Koples dijual dengan kisaran harga Rp5.000 - Rp7.000 saja.

Mie Koples sangat direkomendasikan untuk anda semua yang berkunjung ke Bali, karena Bali merupakan tempat untuk tidak hanya menikmati keindahan alam tetapi juga mencicipi berbagai kuliner khas setiap daerah di Bali termasuk makanan khas Klungkung ini.

Hubungi Kami