photo Serombotan Klungkung, Menu Vegetarian Khas Bali .
Hotel service

Serombotan Klungkung, Menu Vegetarian Khas Bali .

Referensi :
KBS Digital

Apakah kamu vegetarian? Pernahkan mencicipi menu vegetarian sehat yang disebut Serombotan Klungkung. Pada dasarnya, vegetarian atau bukan, Serombotan Klungkung adalah salah satu makanan yang rekomended untuk dicoba saat kamu mengunjungi Bali. Nah, makanan khas Bali yang satu ini akan dibahas secara lengkap sebagai salah satu menu vegetarian dan dimana kamu bisa menemukan makanan ini.

Serombotan adalah sajian spesial dari Klungkung Bali yang merupakan campuran dari kecambah, kacang panjang, bayam, kale, pare dan terong bundar. Semua sayuran tersebut direbus hingga setengah matang kecuali terong bundar. Selanjutnya, semua sayuran dipotong kecil-kecil agar mudah untuk dihidangkan. Selain terbuat dari berbagai campuran sayuran, Serombotan juga disajikan dengan toping berbagai macam kacang-kacangan, seperti kacang merah, kacang hijau, kacang tanah dan kedelai hitam. Karena banyak toping dari kacang, banyak orang menyebutnya dengan Serombotan Kacang.

Serombotan Klungkung mempunyai rasa pedas yang unik ketika diolah oleh masyarakat asli Klungkung. Serombotan Klungkung disajikan dengan tiga jenis sambal, yaitu sambal kelapa, sambal kacang pedas dan sambal unyah sere limo.

Jenis sambal pertama adalah sambal kelapa panggang yang rasa pedas khas Bali. Cara pembuatannya, kelapa dibakar dengan api kecil sehingga menghasilkan rasa gurih beraroma. Selanjutnya, kelapa dicampur dengan bawang putih, cabe, garam, terasi, dan gula merah lokal. Sedangkan sambal kacang pedas terbuat dari kacang tanah goreng yang dibumbui dengan bawang putih, cabe, garam, terasi dan gula merah lokal. Nah, jenis sambal yang terakhir tergolong spesial, Unyah Sere Limo yang terbuat dari cabe, garam, terasi dan air perasan jeruk. Ketiga jenis sambal diatas terasa sangat pedas. Mengkonsumsi menu khas Klungkung Bali ini dapat membuat tubuh semakin sehat. Sayuran yang mengandung tinggi nutrisi juga dapat menyehatkan sistem pencernaan.

Menu khas Bali semacam Serombotan Klungkung sangat sederhana dan harganya terjangkau. Kamu bisa menikmati seporsi Serombotan di Klungkung dengan membeli seharga Rp. 5.000,00 hingga Rp. 10.000,00. Secara khusus, makanan vegetarian ini dihidangkan dengan alas daun pisang dan dilengkapi dengan ketupat yang telah dipotong-potong serta kerupuk. Di Kabupaten Klungkung, warung yang menjual Serombotan dapat dengan mudah ditemukan di Pasar Senggol, tepat di timur Kantor Bupati Klungkung. Nah, catat jamnya ya. Pasar Senggol buka semenjak pukul 3 sore hingga 10 malam waktu Indonesia timur. Lalu, dimana Klungkung? Klungkung merupakan sebuah kota yang terletak di bagian timur Pulau Bali. Jika ditempuh dari Kuta akan menempuh waktu sekitar 90 menit. Nah, jika kamu menuju Klungkung dari Bandara Internasional Ngurah Rai, akan menghabiskan waktu selama 1 jam lebih via jalan tol.

Hubungi Kami